Tentang KOMPAK

Kemitraan Pemerintah Australia - Indonesia

Indonesia dan Australia secara strategis penting bagi satu sama lain dan memiliki sejarah panjang kemitraan dalam berbagai bidang termasuk pembangunan.

KOMPAK merupakan kemitraan antara Pemerintah Australia dan Indonesia dalam mendukung  program pengentasan kemiskinan Pemerintah Indonesia yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Tahap pertama KOMPAK adalah untuk periode tahun 2015-2018.

Kemitraan ini merupakan sebuah kelanjutan dari kerjasama kedua negara yang telah berjalan beberapa dekade untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia melalui peningkatan tata kelola, pelayanan dasar dan penciptaan lapangan kerja bagi 40% masyarakat termiskin. Kemitraan ini dilaksanakan melalui lima kementerian/lembaga yaitu Bappenas, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Desa, Daerah Terpencil dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

KOMPAK memfokuskan kegiatannya pada tiga area:

  • Peningkatan akses, kualitas dan penyelenggaraan pelayanan dasar di bidang kesehatan, pendidikan dan identitas hukum;
  • Penguatan tata kelola pemerintah desa dan partisipasi masyarakat di dalamnya, serta pembangunan berbasis masyarakat;
  • Pengembangan peluang-peluang ekonomi produktif terutama di sektor non-pertanian.

Daerah kerja KOMPAK saat ini terfokus di tujuh provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Aceh, Papua dan Papua Barat.

KOMPAK menggunakan pendekatan dan mekanisme pelaksanaan sebagai berikut:

  • Dialog dan saran kebijakan, misalnya dengan memfasilitasi Pemerintah Indonesia untuk mengadakan pertemuan antar kementerian mengenai kebijakan prioritas yang membutuhkan masukan bersama, memberikan saran ahli dan masukan teknis ke dalam perumusan kebijakan serta mengkoordinasi masukan masyarakat sipil ke dalam kebijakan.
  • Penguatan kapasitas/kelembagaan, misalnya dengan menyediakan ahli teknis dan pelatihan untuk Pemerintah Indonesia dan masyarakat sipil untuk memperkuat kemampuan mereka menghasilkan keluaran relevan.
  • Penelitian dan analisis, misalnya dengan mendukung penelitian khusus tentang dampak potensial dari kebijakan sebagai masukan desain dalam pembahasan kebijakan Pemerintah Indonesia.
  • Percontohan dan Uji coba, misalnya dengan melakukan kegiatan untuk menguji penerapan metode untuk mencapai hasil, dan memfasilitasi replikasi dan/atau perluasan keberhasilan.
  • KOMPAK membangun  kemitraan strategis dengan organisasi-organisasi yang sudah ada , membentuk koalisi untuk perubahan, mendayagunakan kemampuannya untuk menguatkan  sumber-sumber dana tradisional dan non-tradisional , serta mempromosikan inovasi, kesetaraan jender dan inklusi sosial.


OUTCOMES

Capaian 1

Pemerintah daerah dan unit pelayanan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan terhadap
pelayanan dasar.

Capaian 2

Masyarakat miskin dan rentan mendapatkan manfaat dari peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan desa.

Capaian 3

Masyarakat miskin dan rentan mendapatkan manfaat dari perluasan kesempatan kerja (di sektor
non-pertanian) dan pengembangan ekonomi produktif.

UNDUH & PRESENTASI